Pelatihan Manajemen dan Tata Kelola Organisasi untuk SDM JTPI

Jurusan Teknologi Produksi dan Industri, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan Pelatihan Sistem Manajemen dan Tata Kelola Organisasi Berdasarkan ISO 21001:2018 untuk SDM jurusan dan program studi yang berada di dalam naungan jurusan. Pelatihan ini dihadiri oleh Sekretaris Sub Jurusan, Koordinator serta Sekretaris Program Studi, dan Tenaga Kependidikan Jurusan serta Program Studi. Selain itu acara juga dihadiri oleh Sistem Penjaminan Mutu LP3 ITERA.

Kegiatan pelatihan diselenggarakan selama dua hari, yaitu haris Senin dan Selasa, 28 – 29 Juni 2021 dengan narasumber Andika S.Psi dari PT Padma Global Nusantara. Dalam portofolionya, PT Padma Global Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa konsultasi dan pelatihan ISO melalui program pendampingan dan konsultasi termasuk pada scope Organisasi Pendidikan dan Laboratorium.

Acara dibuka dengan pengumandangan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, serta sambutan dari Intan Andriyani Putri, S.Si. M.T, Sekretaris Sub JTMB yang mewakili Plt. Ketua JTPI, Prof. Deny Juanda Puradimaja, DEA, yang sedang berhalangan hadir.

Pada awalan materi, narasumber, Andika S.Psi, menyampaikan bahwa hari pertama pelatihan akan lebih banyak membahas ISO 21001:2018 mengenai persyaratan, sedangkan untuk hari kedua akan lebih membahas mengenai tata kelola organisasi. Secara teknis pelatihan pada hari pertama dibagi menjadi 4 klausul yaitu Konteks Organisasi, Kepemimpinan, Perencanaan, dan Support (Proses Pendukung), dan untuk hari kedua dibagi 3 klausul yaitu Operasional, Evaluasi Performa, dan Peningkatan.

Dalam pelatihan ini disampaikan bahwa ISO merupakan sebuah term yang artinya adalah equal/setara. ISO dibuat dan dipublikasikan oleh NGO – International Organization for Standardization (IOS) di Geneva, Swiss 24 Februari 1947. Di Indonesia sendiri ISO diadopsi menjadi SNI. Secara garis besar terdapat 2 produk yaitu Standar Produk dan Standar Sistem Manajemen. Standar produk dilihat dari dimensi maupun karakteristik sebuah produk contohnya seperti standar ukuran kertas, helm, tanda, dan lambang matematika. Untuk standar sistem manajemen berisi persyaratan yang harus dipenuhi suatu organisasi, seperti SOP rekrutmen karyawan dan dokumen sejenis.

Pelatihan sumber daya manusia dalam hal manajemen dan tata kelola organisasi adalah penting untuk dilakukan karena kecakapan pegawai dalam mengimplementasikan sistem manajemen yang komprehensif dapat mendukung alur proses pekerjaan pada sebuah organisasi untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran organisasi.

Pelatihan akan dilanjutkan pada hari Selasa, 28 Juni 2021 pada jam yang sama dengan agenda pemaparan mengenai dokumentasi dan implementasi tata kelola organisasi.

Leave a Reply